5 Cara Ampuh Membersihkan Paru-Paru Bagi Perokok Pasif

manfaat puasa bagi paru-paru
Lebih Sehat, Ini Dia 6 Manfaat Puasa Bagi Paru-Paru
April 15, 2021
Emboli Paru Bisa Ancam Nyawa Ibu Hamil dan Janin
Mei 25, 2021

5 Cara Ampuh Membersihkan Paru-Paru Bagi Perokok Pasif

Bagi Anda yang sering terpapar asap rokok yang berasal dari orang lain, maka Anda bisa disebut sebagai perokok pasif meskipun Anda sendiri tidak merokok. Istilah perokok ada 2, yaitu perokok aktif dan perokok pasif.

Orang yang sudah memiliki kebiasaan buruk merokok disebut perokok aktif, sementara orang yang tidak merokok tetapi sering menghirup asap rokok, maka disebut perokok pasif.

Hampir seluruh penduduk bumi tentu sudah tahu bahaya dari kandungan rokok itu sendiri. Oleh sebab itu, banyak anjuran yang menyuruh perokok aktif untuk mengurangi kebiasaan merokoknya atau berhenti merokok.

Sebab dampak negatif yang ditimbulkan tidak hanya terjadi pada kesehatan tubuh diri sendiri melainkan juga lingkungan sekitar, terutama orang-orang bukan perokok yang kebetulan berada di sekitar perokok aktif.

Namun, sebelum dampak buruk semakin parah, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan guna membersihkan paru-paru yang telah tercemar asap rokok tersebut bagi Anda sebagai perokok pasif. Berikut kami sajikan cara-cara tersebut.

Menghindari Terlalu Lama Berada dalam Jangkauan Perokok Aktif

Jika Anda merasa berada di lingkungan para perokok aktif, sebaiknya Anda segera menjauhi lingkungan tersebut. Jangan sampai Anda terlalu lama berada dalam lingkungan itu, terlebih jika Anda sudah merasa sedikit sesak.

Anda bisa langsung pergi jauh atau tetap berada di situ tetapi dalam waktu yang tidak lama. Sebab jika lama, paru-paru Anda bisa lebih kotor dan akan berdampak semakin buruk.

Baca Juga : 10 Jenis Obat Herbal Paru-Paru Praktis dan Efektif di Sekitar Kita

Menjaga Paparan Polusi dengan Memakai Masker

Berada dalam lingkungan perokok aktif seringkali terjadi pada tempat-tempat publik atau umum. Maka dari itu, masyarakat diimbau untuk menggunakan masker saat berada di luar ruangan.

Guna menghindari paparan polusi, penggunaan masker juga bisa menjaga kesehatan paru-paru dari asap rokok yang bisa membahayakan paru-paru.

Meskipun tidak menjaganya 100%, namun penggunaan masker yang baik dan benar mampu menyaring udara-udara kotor sebelum masuk ke hidung dan mengalami proses penyaringan di sana.

Mencegah Infeksi Paru dengan Vaksinasi

Salah satu dampak yang timbul akibat paparan asap rokok yang banyak dan sering adalah infeksi paru-paru. Guna mencegah hal buruk itu terjadi, diharapkan perokok pasif menjalankan vaksinasi atau imunisasi.

Sehingga mampu mencegah terjadinya penyakit paru yang lebih parah, terutama penyakit pneumonia dan influenza.

Mengonsumsi Makanan Antioksidan

Makanan yang kaya akan antioksidan tidak dapat menyembuhkan fungsi paru terutama pada saluran pernapasan yang mengalami kerusakan akibat asap rokok.

Namun beberapa penelitian telah membuktikan bahwa makanan yang mengandung antioksidan dapat membantu melindungi paru-paru dari kerusakan akibat asap rokok.

Baik perokok aktif maupun pasif sangat dianjurkan untuk sering mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan tinggi seperti sayuran dan buah-buahan.

Baca Juga : Ingin Paru-Paru Bersih? Cobalah Minuman Pembersih Paru-Paru Ini!

Rajin Berolahraga

Kegiatan berolahraga memang baik untuk kesehatan tubuh termasuk paru-paru. Untuk menjaga kesehatan paru-paru, ada baiknya Anda rutin berolahraga yang bersifat aerobik.

Olahraga jenis ini mampu membuat jantung berdetak lebih cepat, sehingga berefek pada fungsi paru-paru yang lebih baik.

Jadi, cobalah untuk menyempatkan waktu barang 2 atau 3 hari dalam seminggu untuk rutin berolahraga selama kurang lebih 30 menit.

Demikian 5 cara membersihkan paru-paru bagi perokok pasif sebagai langkah pencegahan terjadinya dampak buruk yang lebih parah pada paru-paru.

Sebelum semua itu terjadi, sebaiknya kita benar-benar menjaga paru-paru dengan baik dan melakukan pencegahan sebagai upaya menghindari timbulnya penyakit paru-paru akibat rokok.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *