Berikut Tips Menjaga Kesehatan Paru-Paru

Advanced Pulmonology Diagnostics
Agustus 21, 2020
dokter spesialis paru jawa timur
Kenali Gejala Penyakit Paru-Paru Basah
Agustus 21, 2020
dokter ahli paru surabaya

Dokter Paru – Setiap manusia di dunia selalu menginginkan tubuh yang sehat, kesehatan dapat dengan mudah kita peroleh dengan cara gaya hidup sehat. Namun beberapa orang mengalami gangguan kesehatan dikarenakan tidak menerapkan gaya hidup sehat. Salah satu organ yang penting dan harus di jaga ialah paru-paru. Paru-paru adalah salah satu organ dalam tubuh yang berhubungan dengan sistem pernapasan. Paru-paru memiliki fungsi menukar oksigen dari udara dengan karbon dioksida dari darah. Dengan begitu, terganggunya kerja paru-paru memengaruhi fungsi tubuh dan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan paru-paru, salah satunya adalah menghentikan kebiasaan merokok dan menghindari polusi udara. Terganggunya paru-paru tentu meningkatkan risiko berbagai penyakit, seperti bronkitis, pneumonia, asma, dan tuberkulosis. Terlebih lagi sekarang ini dunia sedang mengalami pandemi virus Covid-19 yang menyerang organ paru-paru kita dan telah banyak merenggut jutaan jiwa manusia. Berikut beberapa tips menjaga kesehatan paru-paru kita.

  1. Rajin Cuci Tangan

Berdasarkan American Lung Association, rajin mencuci tangan menjadi cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan paru-paru. Gangguan paru-paru dapat disebabkan oleh berbagai penyakit lain, seperti flu. Tidak ada salahnya untuk tetap menjaga tangan tetap bersih agar terhindar dari gangguan penyakit yang dapat sebabkan komplikasi pada paru-paru.

  1. Hentikan Kebiasaan Merokok

Dilansir dari Centers for Disease Control and Prevention, kebiasaan merokok menyebabkan berbagai gangguan kesehatan dalam tubuh, termasuk pada paru-paru. Merokok dapat sebabkan kerusakan pada kantung udara kecil dan saluran udara pada paru-paru. Tidak hanya itu, penyebab kanker paru-paru yang paling banyak adalah kebiasaan merokok. Perokok aktif lebih berisiko mengalami gangguan pada paru-paru dibandingkan perokok pasif. Jadi, mulai sekarang, tidak ada salahnya untuk hentikan kebiasaan merokok.

  1. Lakukan Pemeriksaan Kesehatan secara Rutin

Jangan takut untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin tiap tahunnya. Dengan melakukan pemeriksaan kesehatan, kamu mengetahui kesehatan kamu yang sesungguhnya. Dengan begitu, gangguan yang ada pada tubuh dapat segera diatasi sejak dini. Kondisi ini dapat menghindari kamu dari komplikasi yang mungkin terjadi.

  1. Rajin Berolahraga

Dilansir dari Medical News Today, rajin melakukan aktivitas fisik atau berolahraga dapat meningkatkan kesehatan fisik dan juga mental kamu. Ya, rutin berolahraga membuat paru-paru menjadi lebih sehat. Tidak hanya itu, rutin olahraga juga menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke. Rutin berolahraga juga meningkatkan kualitas sistem pernapasan kamu.

  1. Konsumsi Makanan yang Mengandung Antioksidan

Dilansir dari Healthline, cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan paru-paru dengan mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan antioksidan di dalamnya. Antioksidan memiliki fungsi untuk menjaga sel-sel tubuh dari paparan radikal bebas yang berbahaya. Kamu dapat mengonsumsi beberapa makanan, seperti dark chocolate, sayuran hijau, stroberi, dan kacang-kacangan untuk mendapatkan asupan antioksidan dalam tubuh.

dr. Isnin Anang Marhana, Sp.P (K) FCCP

Pulmonologist consultant since 2016

Jadwal praktek

Klinik spesialis paru RS dr Soetomo Graha Amerta

Rabu dan Kamis 11.00-13.00

Poli Paru Siloam hospital

Selasa 18.00-20.00

Poli Paru RS Semen Gresik

Senin, Rabu, Jumat 18.00-20.00

+628999952280

+628999952280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *