Welcome to Our Clinic

Dokter Spesialis Paru-Paru di Surabaya, Jawa Timur

dr. Isnin Anang Marhana, Sp. P (K) FCCP, FIRS, FAPSR, seorang ahli pulmologist yang telah mengabdi sejak lama di beberapa klinik paru di rumah sakit Surabaya, Jawa Timur, selama belasan tahun. Memiliki banyak pengalaman di beberapa jabatan yang pernah diamanahkan.


Jadwal praktek

Klinik spesialis paru RS dr Soetomo Graha Amerta

  • 11.00-13.00

Poli Paru Siloam hospital

  • 18.00-20.00

Poli Paru RS Semen Gresik

  • 18.00-20.00

RSUD dr. Soetomo Graha Amerta
 Jl. Mayjen Prof. Dr. Moestopo No.6-8, Airlangga,Kec. Gubeng, Kota SBY, Jawa Timur (60286).

0315013144


RS Siloam Hospital Surabaya
 Jl. Raya Gubeng 70, Surabaya (60281).

085755801991


RS Semen Gresik
 Jl. R.A. Kartini No. 280, Gresik, Jawa Timur (61122).

+628999952280


Layanan Medis

  • Biopsi paru
  • Tes fungsi paru
  • Bronkoskopi
  • Pengobatan TBC
  • Konsultasi paru-paru dan pernapasan
  • General consultation
  • Covid-19 medical treatment and consultation
  • Advance pulmonology diagnostics

Gangguan yang Bisa Ditangani

Gangguan yang sudah umum dan sering dialami oleh banyak orang, baik yang masih muda maupun yang sudah tua. Penyakit ini termasuk jenis penyakit jangka panjang atau kronis pada saluran pernapasan. Kondisi ini terjadi karena adanya peradangan dan penyempitan pada saluran pernapasan yang akhirnya menyebabkan penderita mengalami sesak napas hingga berbunyi mengi. Gejala timbul disebabkan oleh pengaruh infeksi, alergi, maupun polusi.

Bronkitis terjadi karena adanya peradangan pada bronkus dalam waktu yang lama. Bronkus merupakan saluran yang membawa udara menuju paru-paru. Penderita yang merasakan kondisi penyakit ini akan mengalami gejala batuk-batuk yang disertai dengan dahak berwarna kuning, abu-abu, atau hijau. Jangka waktu yang terjadi bisa berlangsung hingga satu minggu atau lebih. Penyebabnya berasal dari infeksi atau iritasi akibat paparan polusi atau asap rokok.

Bronkiektasis merupakan suatu kondisi gangguan pernapasan pada bronkus yang mengalami kerusakan seperti penebalan atau pelebaran yang lebih besar daripada ukuran normalnya, dan hal ini terjadi secara permanen.

Penyakit ini bisa menyerang hingga lebih dari satu cabang bronkus, dan menimbulkan produksi lendir yang berlebihan. Sehingga proses bernapas menjadi kurang efektif dan bisa mengakibatkan paru-paru menjadi lebih rentan terhadap infeksi.

Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK) merupakan salah satu jenis penyakit paru-paru jangka panjang. PPOK terjadi karena adanya peradangan pada paru-paru yang kemudian berkembang lebih kronis, seperti contohnya bronkitis kronik dan emfisema.

Kondisi ini akan membuat penderitanya mengalami kesulitan bernapas dan batuk berdahak dalam jangka waktu yang lama akibat dari terhalangnya aliran udara oleh pembengkakan dan lendir atau dahak. Gejala lain dari penyakit ini adalah bibir dan kuku jari membiru, merasa kelelahan, penurunan berat badan, dan mengi.

Infeksi paru bisa disebabkan oleh bakteri, virus, ataupun jamur. Infeksi paru yang diakibatkan dari adanya bakteri, contohnya seperti Tuberkulosis atau penyakit paru yang disebabkan oleh adanya bakteri Mycobacterium Tuberculosis. Penyakit tuberkulosis atau TBC ditandai dengan batuk-batuk yang berlangsung lama hingga lebih dari 3 minggu, sesak napas, demam, batuk berdarah, nyeri dada, penurunan berat badan, dan lemas.

Sementara contoh dari infeksi paru yang lainnya yaitu Pneumonia. Pneumonia merupakan suatu kondisi di mana kantung udara dalam paru-paru atau alveoli meradang dan membengkak. Hal ini disebabkan karena virus, bakteri, maupun jamur tersebut mengakibatkan paru-paru dipenuhi lendir atau nanah, sehingga penderita akan mengalami sesak napas. Maka dari itu, pneumonia biasa disebut sebagai penyakit paru-paru basah.

Dilansir dari laman Alodokter, Penyakit paru interstisial merupakan istilah medis untuk menjelaskan sekelompok masalah paru-paru yang memengaruhi jaringan paru. Gangguan tersebut bisa mengakibatkan kerusakan pada struktur dan fungsi paru.

Penyakit paru okupasional disebabkan dari kondisi lingkungan pekerjaan yang berdampak pada sistem pernapasan. Umumnya kondisi ini terjadi setelah penderita menghirup zat iritan tertentu, seperti debu, bahan kimia, dan asap yang berlebihan. Zat-zat tersebut yang akhirnya menimbulkan gangguan pada paru-paru dan membuatnya tidak bisa menjalankan fungsinya dengan baik.

Kanker paru sering dialami oleh perokok, baik perokok aktif maupun pasif. Kondisi ini terjadi ketika jaringan kanker terbentuk di paru-paru. Gejala kanker paru bisa ditandai dengan batuk darah, sesak napas, nyeri dada, suara serak, dan penurunan berat badan tanpa alasan yang jelas.

  • Emboli paru
  • Efusi pleura
  • Pneumothoraks
  • Pembengkakan paru
  • Gagal napas

Beberapa Ulasan dari Pasien

Dokter sangat ramah dan penjelasan yg diberikan ke saya rinci dan jelas sekali.

Seffin Arsyad Asrori

Penjelasan dokter perihal sakit sudah cukup jelas.

Arief Hadi Wibowo

Dokter memberikan penjelasan dan obat yang terbaik. Namun untuk ketepatan waktu tidak begitu baik, karena saya harus menunggu ±1jam.

Aditya Herdianto

Info Terbaru

Dokter Spesialis Paru Surabaya Jawa Timur

Mei 25, 2021

Emboli Paru Bisa Ancam Nyawa Ibu Hamil dan Janin

Emboli Paru Bisa Ancam Nyawa Ibu Hamil dan Janin Seorang wanita akan mengalami banyak perubahan pada saat memasuki masa kehamilan. Mulai dari perubahan hormon yang bisa […]
April 20, 2021
cara membersihkan paru-paru bagi perokok pasif

5 Cara Ampuh Membersihkan Paru-Paru Bagi Perokok Pasif

5 Cara Ampuh Membersihkan Paru-Paru Bagi Perokok Pasif Bagi Anda yang sering terpapar asap rokok yang berasal dari orang lain, maka Anda bisa disebut sebagai perokok […]
April 15, 2021
manfaat puasa bagi paru-paru

Lebih Sehat, Ini Dia 6 Manfaat Puasa Bagi Paru-Paru

Lebih Sehat, Ini Dia 6 Manfaat Puasa Bagi Paru-Paru Puasa merupakan kegiatan di mana kita harus menahan hawa nafsu, salah satunya adalah nafsu memakan dan meminum. […]