General Consultation

pulmonologist surabaya
Ahli Pulmonologist Surabaya Profesional dan Terpercaya
September 2, 2020
Covid-19 Medical Treatment and Consultation
Oktober 30, 2020

Dr. Isnin Anang M, Sp. P (K) FCCP merupakan dokter spesialis paru atau ahli pulmonologist di Surabaya, Jawa Timur. Telah lama mengabdi di beberapa klinik paru rumah sakit Surabaya selama belasan tahun dengan berbagai jabatan yang pernah diraihnya hingga kini.

Untuk berbagai permasalahan gangguan paru-paru aatu sistem pernapasan Anda, Anda bisa segera konsultasikan kepada beliau. Dokter tentu akan mendengar seksama keluhan Anda mengenai beberapa gangguan, lalu dilakukan beberapa pemeriksaan, dan kemudian barulah mendiagnosa penyakit Anda.

Melayani konsultasi mengenai gangguan paru-paru umum yang biasa diderita oleh pasien yang kemudian akan dilakukan treatment semaksimal mungkin guna membantu menyembuhkan pasien. Percayakan keluhan Anda pada dokter paru Surabaya, dr. Isnin Anang M, Sp. P (K) FCCP, konsultasi nyaman, ramah, dan terpercaya. Penanganan tepat, cepat, dan sesuai.

Untuk memudahkan Anda dalam berkonsultasi, ada baiknya terlebih dahulu Anda mencari tahu terlebih dahulu gejala-gejala yang mengindikasikan gangguan pada sistem pernapasan Anda. Setelah mengetahuinya, Anda perlu segera mendatangi klinik spesialis paru kami di Surabaya dan akan langsung mendapat penanganan tepat oleh ahli pulmonologist atau dokter spesialis paru kami yang terbaik di Surabaya, Jawa Timur.

Informasi tambahan mengenai beberapa gangguan yang sering terjadi pada sistem pernapasan adalah sebagai berikut.

  1. Asma

Gangguan yang sudah umum dan sering dialami oleh banyak orang, baik yang masih muda maupun yang sudah tua. Penyakit ini termasuk jenis penyakit jangka panjang atau kronis pada saluran pernapasan. Kondisi ini terjadi karena adanya peradangan dan penyempitan pada saluran pernapasan yang akhirnya menyebabkan penderita mengalami sesak napas hingga berbunyi mengi. Gejala timbul disebabkan oleh pengaruh infeksi, alergi, maupun polusi.

  1. Bronkitis

Bronkitis terjadi karena adanya peradangan pada bronkus dalam waktu yang lama. Bronkus merupakan saluran yang membawa udara menuju paru-paru. Penderita yang merasakan kondisi penyakit ini akan mengalami gejala batuk-batuk yang disertai dengan dahak berwarna kuning, abu-abu, atau hijau. Jangka waktu yang terjadi bisa berlangsung hingga satu minggu atau lebih. Penyebabnya berasal dari infeksi atau iritasi akibat paparan polusi atau asap rokok.

  1. Bronkiektasis

Bronkiektasis merupakan suatu kondisi gangguan pernapasan pada bronkus yang mengalami kerusakan seperti penebalan atau pelebaran yang lebih besar daripada ukuran normalnya, dan hal ini terjadi secara permanen.

Penyakit ini bisa menyerang hingga lebih dari satu cabang bronkus, dan menimbulkan produksi lendir yang berlebihan. Sehingga proses bernapas menjadi kurang efektif dan bisa mengakibatkan paru-paru menjadi lebih rentan terhadap infeksi.

  1. Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK)

Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK) merupakan salah satu jenis penyakit paru-paru jangka panjang. PPOK terjadi karena adanya peradangan pada paru-paru yang kemudian berkembang lebih kronis, seperti contohnya bronkitis kronik dan emfisema.

Kondisi ini akan membuat penderitanya mengalami kesulitan bernapas dan batuk berdahak dalam jangka waktu yang lama akibat dari terhalangnya aliran udara oleh pembengkakan dan lendir atau dahak. Gejala lain dari penyakit ini adalah bibir dan kuku jari membiru, merasa kelelahan, penurunan berat badan, dan mengi.

  1. Infeksi Paru

Infeksi paru bisa disebabkan oleh bakteri, virus, ataupun jamur. Infeksi paru yang diakibatkan dari adanya bakteri, contohnya seperti Tuberkulosis atau penyakit paru yang disebabkan oleh adanya bakteri Mycobacterium Tuberculosis. Penyakit tuberkulosis atau TBC ditandai dengan batuk-batuk yang berlangsung lama hingga lebih dari 3 minggu, sesak napas, demam, batuk berdarah, nyeri dada, penurunan berat badan, dan lemas.

Sementara contoh dari infeksi paru yang lainnya yaitu Pneumonia. Pneumonia merupakan suatu kondisi di mana kantung udara dalam paru-paru atau alveoli meradang dan membengkak. Hal ini disebabkan karena virus, bakteri, maupun jamur tersebut mengakibatkan paru-paru dipenuhi lendir atau nanah, sehingga penderita akan mengalami sesak napas. Maka dari itu, pneumonia biasa disebut sebagai penyakit paru-paru basah.

  1. Penyakit Paru Interstisial

Dilansir dari laman Alodokter, Penyakit paru interstisial merupakan istilah medis untuk menjelaskan sekelompok masalah paru-paru yang memengaruhi jaringan paru. Gangguan tersebut bisa mengakibatkan kerusakan pada struktur dan fungsi paru.

  1. Penyakit Paru Okupasional

Penyakit paru okupasional disebabkan dari kondisi lingkungan pekerjaan yang berdampak pada sistem pernapasan. Umumnya kondisi ini terjadi setelah penderita menghirup zat iritan tertentu, seperti debu, bahan kimia, dan asap yang berlebihan. Zat-zat tersebut yang akhirnya menimbulkan gangguan pada paru-paru dan membuatnya tidak bisa menjalankan fungsinya dengan baik.

  1. Kanker Paru

Kanker paru sering dialami oleh perokok, baik perokok aktif maupun pasif. Kondisi ini terjadi ketika jaringan kanker terbentuk di paru-paru. Gejala kanker paru bisa ditandai dengan batuk darah, sesak napas, nyeri dada, suara serak, dan penurunan berat badan tanpa alasan yang jelas.

Gangguan sistem pernapasan lain yang ditangani seorang pulmonologist, yaitu :

  • Emboli paru
  • Efusi pleura
  • Pneumothoraks
  • Pembengkakan paru
  • Gagal napas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *