Tips Menjaga Kesehatan Paru-Paru Agar Terhindar dari Penyakit

happy hypoxia dokter paru surabaya
Happy Hypoxia Meningkatkan Risiko Kematian Penderita Covid-19
Desember 15, 2020
bahaya paru-paru basah
Bahaya Paru-Paru Basah yang Perlu Diwaspadai
Desember 18, 2020

Tips Menjaga Kesehatan Paru-Paru Agar Terhindar dari Penyakit

Sudah semestinya kita mulai memperhatikan dan menjaga kesehatan paru-paru. Pasalnya terganggunya fungsi paru-paru tentu akan menimbulkan berbagai penyakit bahkan bisa menyebabkan resiko kematian.

Paru-paru merupakan salah satu organ vital manusia yang berfungsi sebagai tempat penukaran oksigen di udara dan karbondioksida dalam darah. Dia berperan sangat penting dalam sistem pernapasan manusia, maka dari itu apabila paru-paru mulai terganggu, tentu akan berkemungkinan mempengaruhi fungsi tubuh yang lain.

Ada banyak cara untuk mencegah terjadinya gangguan paru-paru yang dapat menyebabkan berbagai penyakit, yaitu dengan menjaga kesehatan paru-paru Kita sebaik mungkin. Apa saja cara menjaga kesehatan paru-paru? Simak beberapa poin berikut ini.

Menghentikan Kebiasaan Merokok

Kebiasaan merokok menyebabkan dampak buruk bagi kesehatan tubuh manusia, salah satunya adalah paru-paru. Pada kebanyakan kasus, penyebab gangguan paru-paru adalah kareana adanya kebiasaan merokok aktif. Sebab, rokok mampu merusak saluran udara paru-paru sehingga mampu mengganggu jalannya sistem pernapasan manusia.

Zat-zat kimia yang terkandung dalam rokok akan terkumpul dalam kantung paru-paru yang mampu membuat fungsi paru-paru terganggu. Apabila zat tersebut semakin banyak terkumpul, maka terganggunya paru-paru tersebut dapat berubah menjadi penyakit kronis seperti kanker paru-paru.

Perokok aktif lebih rentan terkena penyakit paru-paru daripada perokok pasif. Maka dari itu, untuk menjaga kesehatan paru-paru, hentikanlah kebiasaan merokok mulai sekarang.

Hindari Asap Rokok dan Polusi

Penyebab terjadinya gangguan paru-paru yang lain adalah adanya asap rokok dan polusi udara kotor di lingkungan sekitar kita. Meskipun bukan perokok, tetapi non-perokok juga dapat merasakan akibat dari rokok tersebut.

Pasalnya kandungan zat dalam rokok memang terurai juga dalam bentuk asapnya. Jadi, apabila kita tak sengaja sering menghirup asap rokok sekalipun itu bisa menyebabkan paru-paru kotor dan terganggu.

Tak hanya asap rokok, debu dan polusi juga bisa mengganggu sistem pernapasan manusia. Polusi terbentuk dari kepulan asap kendaraan dan industri yang mana mengandung zat-zat yang dapat merusak paru-paru. Untuk itu, hindari dan lindungi diri Kita dari asap rokok, debu, dan polusi.

Rajin Berolahraga Ringan

Menjaga tubuh, terutama paru-paru juga dapat Kita lakukan dengan cara rutin berolahraga. Setiap orang pasti sudah meyakini bahwa olahraga yang baik dapat menyehatkan tubuh. Untuk Kita yang masih malas berolahraga, lakukan olahraga meskipun hanya yang ringan-ringan saja.

Olahraga ringan terbukti bermanfaat untuk kesehatan paru-paru. Dengan berolahraga, organ dalam manusia dapat terlatih untuk melakukan kinerja yang optimal, yang lebih pentingnya adalah kinerja jantung yang dapat meningkat sehingga dapat menyuplai oksigen secara maksimal ke tubuh.

Konsumsi Makanan Sehat

Mengonsoumsi buah-buahan dan sayuran tentu dapat meningkatkan kekebalan tubuh termasuk menjaga kesehatan paru-paru. Akan semakin baik jika Kita mengonsumsi makanan yang antioksidan guna menghindari bahaya radikal bebas dari luas. Kandungan antioksidan tersebut sudah pasti ada dalam beberapa buah dan sayuran.

Terapkan pola makan sehat, terutama makan makanan yang bisa menyeimbangkan kesehatan paru-paru Kita. Tidak lupa juga untuk mengonsumsi minuman bergizi seperti susu murni.

Rajin Mencuci Tangan

Ada beberapa penyakit akibat gangguan paru-paru yang dapat menular melalui percikan droplet, seperti TBC dan covid-19 yang sedang melkita dunia mulai tahun 2019 kemarin. Untuk menghindari resiko tertular, tentu kita harus selalu menjaga kebersihan diri terutama pada telapak tangan.

Selalu rutin mencuci tangan setelah bepergian atau mengunjungi orang yang sedang sakit. Mencegah terjadinya penularan penyakit pada tubuh kita lebih baik daripada mengobati.

Segera Melakukan Pemeriksaan Apabila Terjadi Gejala Penyakit Paru

Jangan takut apabila Anda merasa pernapasan Anda terganggu. Hal ini bisa saja mengindikasikan adanya penyakit dalam paru-paru. Gejala-gejala umum yang bisa berkaitan dengan paru-paru yaitu sesak napas, batuk kering, batuk lendir, nyeri dada, dan mengi.

Apabila gejala-gejala tersebut Anda rasakan, segeralah ke dokter spesialis paru dan konsultasikan keluhan Anda tersebut. Jangan biarkan gejala tersebut semakin parah. Gangguan pada paru-paru perlu penanganan yang cepat dan tepat oleh ahlinya.

Untuk Anda yang berada di Surabaya, Anda bisa langsung berkonsultasi dengan dokter spesialis paru Surabaya, dr. Anang M, Sp. P (K) FCCP, FISR, FAPSR yang telah mengabdi sebagai ahli pulmonologist profesional di Surabaya selama belasan tahun.

Konsultasi bisa secara langsung dengan mendatangi kliniknya atau pergi ke poliklinik spesialis paru Surabaya di rumah sakit Semen Gresik, Siloam Hospital, dan dr Soetomo Graha Amerta. Atau menghubungi secara online melalui kontak berikut ini.

Hubungi dr. Isnin Anang Marhana, Sp.P (K) FCCP, FISR, FAPSR

+628999952280

+628999952280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *